Kompetensi Lulusan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani

Profil Lulusan

Profil lulusan merupakan peran yang diharapkan dapat dilakukan oleh lulusan program studi di masyarakat maupun di dunia kerja. Profil ini adalah outcome pendidikan yang akan dituju. Dengan menetapkan profil lulusan dapat memberikan jaminan pada mahasiswa untuk dapat berperan menjadi:

1. Tenaga pendidik pendidikan jasmani di sekolah dasar dengan   kompetensi kepribadian, pedagogi, profesional, dan sosial.

a.  Kompetensi kepribadian memiliki kepribadian yang berakhlak mulia, bersikap bijak, jujur, disiplin, tanggung  jawab, dan berwibawa sebagai teladan bagi peserta didik.

b. Kompetensi pedagogi memiliki keterampilan untuk merancang, melaksanakan,   dan   mengevaluasi  pembelajaran   serta   menciptakan suasana pembelajaran kondusif yang mendukung perkembangan peserta didik.

c.  Kompetensi profesional tenaga pendidik memiliki pengetahuan dan keterampilan serta mempertanggungjawabkan sesuai bidang keahlian.

d. Kompetensi  sosial  memiliki  kemampuan  dapat  bekerjasama  dengan peserta didik, wali, teman sejawat, dan masyarakat sekitar sekolah.

2. Widyaiswara pendidikan jasmani di sekolah dasar. Mampu menjadi tenaga pendidik dan pelatih pada unit pendidikan dan pelatihan dari unit instansi pemerintah.

3. Tenaga pendidik pendidikan jasmani di sekolah dasar yang cendekia, kreatif, dan inovatif  untuk melakukan penelitian serta pengabdian pada masyarakat. Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pendidikan jasmani melalui penelitian dan mengabdikan pada masyarakat.